.:: Arti Anarki Sebenarnya Kwan!!! ::.

Banyak yg menyalah artikan anarki. banyak yg menganggap bahwa anarki adalah sesuatu yg berkaitan dengan perusakan, kericuhan, dan kerusuhan.
tapi apakah benar itu anarki yg sebenarnya?
jawabannya adalah SALAH BESAR.

Anarkisme berasal dari kata dasar "anarki" dengan imbuhan -isme. Kata anarki merupakan kata serapan dari anarchy (bahasa Inggris) atau anarchie (Belanda/Jerman/Prancis), yang berakar dari kata bahasa yunani, anarchos/anarchein. Ini merupakan kata bentukan a- (tidak/tanpa/nihil/negasi) yang disisipi /n/ dengan archos/archein (pemerintah/kekuasaan atau pihak yang menerapkan kontrol dan otoritas - secara koersif, represif, termasuk perbudakan dan tirani); maka, anarchos/anarchein berarti "tanpa pemerintahan" atau "pengelolaan dan koordinasi tanpa hubungan memerintah dan diperintah, menguasai dan dikuasai, mengepalai dan dikepalai, mengendalikan dan dikendalikan, dan lain sebagainya". Bentuk kata "anarkis" berarti orang yang mempercayai dan menganut anarki, sedangkan akhiran -isme sendiri berarti paham/ajaran/ideologi.
seperti yg dikatakan oleh peter kropotkin,
"Anarkisme adalah sebuah sistem sosialis tanpa pemerintahan. Ia dimulai di antara manusia, dan akan mempertahankan vitalitas dan kreativitasnya selama merupakan pergerakan dari manusia"
juga oleh errico malatesta yg berbunyi :
Penghapusan eksploitasi dan penindasan manusia hanya bisa dilakukan lewat penghapusan dari kapitalisme yang rakus dan pemerintahan yang menindas"

jadi anarki adalah pergerakan penghapusan semua prinsip otoriter yg menindas di suatu wilayah.
sedangkan anarkis adalah orang-orang yang menganut paham anarki.
dan anarkhisme adalah paham anarki.

0 komentar:

... Profil ...

Foto saya
Makassar, Indonesia
... Kami hanya ingin hidup BEBAS tanpa ada penindasan dan tertindas ...

... Komunitas ...